Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Pancaroba

Kondisi cuaca bersuhu panas tetapi terkadang diselingi hujan ini dapat memicu beragam penyakit. Hal itu karena seringnya terjadi perubahan cuaca dari terik matahari yang panas di musim yang sudah masuk pada kemarau menjadi hujan dan udara yang tiba-tiba dingin dan suhu sering berganti. Pagi dan malam hari yang biasanya dingin menjadi terasa sangat panas. Perubahan cuaca yang drastis ini tentu saja membuat tubuh harus pandai beradaptasi dengan cuaca.

Karenanya diperlukan stamina yang fit. Bila tidak, badan jadi kurang bisa menyesuaikan. Berikut yang bisa menyebabkan beragam jenis penyakit terlebih untuk mereka yang seringkali berusaha keras serta kurang beristirahat. Juga akan menyebabkan beragam penyakit seperti demam, flu, diare.

Diare
Di peralihan musim kemarau ke musim hujan, masalah penyakit ini jadi tinggi karena banyak debu serta kotoran. Penyakit ini sangat erat hubungannya dengan alur mengkonsumsi makanan. Sebab penyakit ini biasanya dikarenakan kuman atau virus yang umum mencemari minuman dan makanan.

Langkah menghindar :

Jagalah kebersihan. Yakinkan tiap-tiap minuman dan makanan yang masuk kedalam mulut adalah yang terjamin kebersihannya. Berarti, terkecuali mesti lebih higienis dalam membuat serta mempersiapkan makanan dirumah, baiknya janganlah jajan asal-asalan.

Demam serta flu

Dua masalah kesehatan ini paling rawan menyerang pada musim pancaroba. Ini mungkin saja karena baru pada musim pancaroba. Baiknya janganlah diremehkan, masalah ini adalah tanda kalau badan tengah membuat pertahanan melawan infeksi. Lebih persisnya, demam dapat adalah tanda bermacam penyakit. Mulai infeksi enteng hingga yang serius.

Langkah menghindar :

Melindungi konsumsi makanan. Nutrisi yang cukup serta minum air putih yang banyak juga akan tingkatkan ketahanan badan, hingga tidak gampang terkena penyakit.

Di bawah ini adalah jalan keluar supaya badan tetaplah fit di dalam cuaca yang kurang bersahabat :

1. Mengkonsumsi makanan bergizi. Ketahanan badan yang baik terkecuali perlu makanan yang cukup jumlahnya, harus juga penuhi semuanya unsur gizi yang diperlukan badan yakni : karbohidrat, lemak, protein, vitamin, serta mineral. Istirahat yang cukup. Tidur 6-8 jam satu hari. Kurang istirahat bisa turunkan ketahanan badan kita.

2. Luangkan olahraga dengan teratur minimum 3 kali satu minggu selam 30 menit.

3. Mengkonsumsi minuman sulpemen yang pas.

4. Memperbanyak minum air putih minimum 8 gelas satu hari.

5. Melindungi kebersihan minuman dan makanan.

6. Apabila berlangsung yang dirasakan yang serius, selekasnya pergi ke dokter. Sumber: carasehathidup.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *