Minyak dan Air

salon mobilSabun Gove

Mengapa Minyak dan Air Tidak Berfungsi

Anda telah mengalami contoh bagaimana minyak dan air tidak bercampur. Saus salad minyak dan cuka terpisah. Minyak motor mengapung di atas air dalam genangan air atau tumpahan minyak. Tidak peduli berapa banyak Anda mencampur minyak dan air, mereka selalu berpisah. Bahan kimia yang tidak dicampur dikatakan tidak bercampur. Alasan mengapa hal ini terjadi adalah karena sifat kimiawi dari molekul minyak dan air.

SEPERTI DISSOLVES SEPERTI
Pepatah dalam bidang kimia adalah ‘seperti melarutkan seperti.’ Apa artinya cairan polar (seperti air) larut dalam cairan polar lainnya, sedangkan cairan nonpolar (biasanya molekul organik) bercampur dengan baik satu sama lain.

Setiap molekul H2O atau air bersifat polar karena memiliki bentuk bengkok dimana atom oksigen bermuatan negatif dan atom hidrogen bermuatan positif berada pada sisi molekul yang terpisah. Air membentuk ikatan hidrogen antara atom oksigen dan hidrogen dari molekul air yang berbeda. Ketika air bertemu dengan molekul minyak nonpolar, ia menempel pada dirinya sendiri daripada bercampur dengan molekul organik.

PEMBUATAN MINYAK DAN AIR MIX
Kimia memiliki ‘trik’ untuk mendapatkan minyak dan air untuk berinteraksi. Misalnya, detergen bekerja dengan bertindak sebagai pengemulsi dan surfaktan. Surfaktan meningkatkan seberapa baik air dapat berinteraksi dengan permukaan, sementara pengemulsi membantu tetesan minyak dan air bercampur.

CATATAN TENTANG DENSITAS
Minyak mengapung di atas air karena kurang padat atau memiliki berat jenis yang lebih rendah, bagaimanapun, ketidakmampuan minyak dan air tidak terkait dengan perbedaan kerapatan.

Sabun Herbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *