Mengenal Shared Hosting

Mengenal Shared Hosting

Shared Hosting merupakan salah satu layanan yang ditawarkan oleh penyedia web hosting. Layanan hosting ini merupakan paket yang paling murah dan menjadi pilihan yang popular.

Tetapi apa itu Shared Hosting? Apakah paket ini cocok untuk website kamu?

Apa Itu Shared Hosting?

Shared Hosting menggunakan satu server fisik yang dibagi menjadi beberapa hosting untuk menampung banyak website. Klien yang menggunakan Shared Hosting tidak akan tahu, siapa saja yang ada di dalam satu server yang sama dan ada berapa banyak.

Karena sistemnya shared atau berbagi, maka klien akan berbagi resource dengan klien lain sehingga memiliki batasan dalam menggunakan resource server. Batasan ini akan ditentukan oleh paket hosting yang dipilihnya.

Layanan hosting ini merupakan pilihan yang paling murah dibandingkan dengan layanan hosting lain. Namun harga yang murah ini hadir dengan banyak keterbatasan, meski demikian banyak website yang memilih untuk menggunakan paket hosting ini.

Kelebihan dari Shared Hosting

  • Paket hosting yang paling ekonomis.
  • Tempat yang tepat untuk memulai website baru. Setelah website semakin besar dengan traffic yang semakin tinggi, bisa upgrade paket. Biasanya perusahaan webhosting menawarkan banyak pilihan paket.
  • Biasany sudah dilengkapi dengan cPanel, untuk memudahkan pengelolaan website.
  • Tidak perlu melakukan perawatan teknis ke server.

Kekurangan dari Shared Hosting

  • Waktu loading lebih lama dibandingkan dengan dedicated server.
  • Dapat menjadi terbebani oleh website lain yang berbagi server.
  • Semakin meningkatnya traffic ke website, kamu akan menyadari kinerja website menjadi semakin lambat.
  • Kamu tidak pernah tahu siapa tetangga kamu. Meski jarang, ada kemungkinan website lain yang beresiko dapat menularkan resikonya ke website kamu. Misal satu website terkenal malware, kemungkinan kamu terkena malware juga semakin besar.

Bagi kebanyakan orang yang baru memulai online, Shared Hosting memberikan kelebihan yang lebih banyak dibandingkan kekurangannya. Seiring semakin berkembangnya website kita dan merasa website semakin lambat, baru kamu putuskan untuk pindah ke paket hosting lain yang lebih tinggi.

 

Bagi kamu yang ingin membangun website, tentunya membutuhkan hosting dan juga nama domain. https://www.jakartawebhosting.com/ menerima registrasi nama domain dan juga menyediakan layanan web hosting paket-paket yang bisa dipilih sesuai kebutuhan website kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *