Mebel Jepara untuk Pernikahan

Mebel Jepara untuk Pernikahan

Semua orang menginginkan dekorasi pernikahan yang spesial pada hari pernikahannya. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki ratusan budaya yang masing-masing memiliki keunikannya sendiri terkait adat dan hiasan pernikahan. Sebut saja pada adat Minang, dekorasi pelaminan akan dihiasi dengan ornamen-ornamen khas Sumatra. Begitu juga dengan pernikahan yang menggunakan adat Jawa. Biasanya, pengantin akan cenderung memilih dekorasi yang sesuai dengan adat pernikahan yang digunakan saat itu. Pada pernikahan adat Jawa, dekorasi biasanya didominasi dengan ukiran-ukiran yang memiliki karakteristik khas Jawa Tengah. Ukiran-ukiran tersebut memiliki nilai seni yang tinggi dan biasanya memiliki makna tersendiri yang mengandung filosofi Jawa di baliknya.

Nilai-nilai dan makna filosofi Jawa tersebut dapat ditemukan pada aspek yang lain, seperti misalnya rumah joglo. Joglo merupakan rumah adat khas Jawa Tengah. Bentuknya yang khas dengan empat tiang yang menopang atap menjadikan Joglo memiliki keunikan tersendiri. Tiang-tiang tersebut memiliki filosofi tersendiri, dan biasa disebut sebagai soko guru. Apabila pengantin memilih untuk menggunakan adat Jawa sepenuhnya, tidak heran apabila mereka memutuskan untuk menggunakan gedung yang berbentuk seperti joglo untuk pesta pernikahan yang diiringi dengan dekorasi khas Jawa pula. Properti pelaminan khas Jawa biasanya didominasi pula dengan properti yang dibuat dari kayu, sehingga warna coklat menjadi warna utama disana.

 

Adapun Anda bisa menemukan beberapa mebel jepara pada pernikahan khas Jawa. Mebel yang berasal dari Jepara memang dikenal sebagai salah satu mebel terbaik yang berasal dari Indonesia. Memiliki sejarah yang cukup panjang yang berkaitan dengan keluarga kerajaan Jawa, mebel telah menjadi salah satu unsur pokok yang tidak bisa dihilangkan dari properti maupun furnitur dalam melaksanakan pernikahan. Beberapa contoh mebel khas Jepara yang bisa Anda temukan adalah gebyok ataupun bale-bale sebagai hiasan pelaminan. Ukiran dengan desain yang rumit menjadikan gebyok khas Jepara sebagai hiasan yang indah untuk pelaminan dan memberikan unsur tradisional khas Jawa yang elegan. Apabila Anda menginginkan hiasan pelaminan khas Jawa, Anda bisa menggunakan unsur tersebut untuk mempercantik hari spesial Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *