Lubang Halloween Anda tidak harus membusuk

Bagaimana Menjaga Jack-o-Lampion dari Membusuk

Lubang Halloween Anda tidak harus membusuk sebelum Halloween sampai di sini.
Jangan sedih Lubang Halloween Anda tidak harus membusuk sebelum Halloween sampai di sini. Kimia rumah tangga kecil bisa menunda hal yang tak terelakkan. Sharon Dominick, Getty Images

Inilah proyek fair science musiman yang menyenangkan yang meneliti berbagai cara menjaga labu berukir segar. Dapatkah Anda menentukan cara terbaik untuk menjaga agar Halloween jack o lentera tidak membusuk?

TUJUAN
Tujuan dari proyek ini adalah untuk melihat apakah atau tidak merawat senter Halloween, atau labu berukir, akan membantu mencegahnya membusuk.

HIPOTESA
Hipotesisnya (karena ini yang paling mudah untuk disangkal) adalah bahwa memperlakukan lobak Halloween jack-o’-lantern tidak akan mencegahnya membusuk lebih baik daripada tidak melakukan apa-apa (kontrol).
RINGKASAN EKSPERIMENT
Ini adalah proyek sains jatuh jatuh besar karena labu sudah tersedia dari akhir musim panas sampai musim dingin. Anda bisa melakukan proyek serupa pada musim semi dengan menggunakan variasi produk lainnya. Karena tidak ada yang berlangsung selamanya, kerangka waktu yang baik untuk mengumpulkan data adalah 2 minggu. Jika semua labu Anda membusuk sebelumnya, Anda dapat memilih untuk mengakhiri fase pengumpulan data proyek ini lebih cepat. Karena suhu memainkan bagian dalam kehidupan rak lentera jack-o ‘, mungkin labu Anda mungkin bertahan beberapa minggu jika disimpan dalam kondisi dingin. Jika ini masalahnya, proyek Anda bisa berjalan selama sebulan. Jaga waktu dan suhu dalam pikiran saat merencanakan proyek sains Anda.

MATERI
Bahan utama untuk proyek ini adalah lentera jack-o’-lentera yang baru diukir dan berbagai pengawet labu. Pengawet yang paling sering digunakan adalah larutan pemutih, larutan boraks, petroleum jelly, hairspray, lem putih, dan pengawet labu komersial (jika tersedia).

Anda bisa menguji salah satu atau semua ini, ditambah lagi jika Anda bisa memikirkan bahan pengawet lainnya. Anda akan membutuhkan labu untuk setiap metode yang Anda uji, ditambah labu kontrol, yang akan diukir, tapi tidak diobati.

PROSEDUR PERCOBAAN
Ukur lentera jack-o’-mu. Ini membantu jika Anda memberi mereka wajah yang berbeda sehingga mudah untuk membedakannya. Cobalah untuk mengikis sebanyak mungkin labu goo dari bagian dalam lentera jack-o’sehingga mereka akan lebih mudah diobati dengan bahan kimia.

Tinggalkan labu kontrolmu sendiri. Oleskan perawatan ke labu lainnya. Ambil foto labu atau tuliskan pengamatan Anda tentang penampilan masing-masing lentera jack-o’-lentera.
PERAWATAN PUMPKIN
Solusi Bleach – Campur cukup pemutih dalam air (2 sendok teh pemutih per galon air) untuk mengisi ember atau bak yang cukup besar untuk menenggelamkan labu Anda. Segera setelah mengukir labu, rendam dalam larutan pemutih selama 8 jam atau semalam. Tiriskan labu dan biarkan sampai kering. Setiap hari, spritz bagian luar dan bagian dalam labu dengan larutan pemutih.
Solusi Borax – Campurkan larutan boraks dalam air (mungkin 1 sendok teh per galon) dan oleskan dengan cara yang sama seperti Anda akan menggunakan larutan pemutih.
Petroleum Jelly – Smear petroleum jelly (mis., Vaseline) di seluruh permukaan luka labu. Diberikan kembali sekali sehari jika perlu.
Lem Putih – Bungkus lem sekolah putih yang tidak beracun di labu yang diukir dan biarkan sampai kering.
Hairspray – Semprotkan labu berukir, di dalam dan di luar, dengan hairspray. Anda bisa mengajukan kembali hairspray setiap hari, atau tidak, seperti yang Anda inginkan.
Pengawet Labu Komersial – Ikuti petunjuk pada wadah.
Anda bisa menggunakan metode perawatan labu ini atau Anda bisa menemukan ide Anda sendiri.
Tiap hari, ambil foto labu dan jelaskan penampilannya. Apakah cetakan hadir atau tidak ada? Apakah ada yang mengerut? Apakah labu menjadi lembut atau bau atau menunjukkan indikasi membusuk lainnya?
Lanjutkan mengumpulkan data sampai labu sudah membusuk. Buang labu busuk
DATA
Data untuk proyek ini adalah foto dan pengamatan Anda mengenai penampilan masing-masing labu.

HASIL
Buatlah tabel yang menunjukkan waktu dalam beberapa hari dan apakah setiap labu menunjukkan jamur, mengerut, atau membusuk. Anda dapat menunjukkan tingkat masing-masing kondisi dengan menetapkan nilai numerik padanya, jika Anda suka (misalnya, 0 = tidak ada cetakan, 1 = cetakan kecil, 2 = cetakan sedang, 3 = benar-benar mouldy).

KESIMPULAN
Apakah hipotesis didukung? Apakah labu kontrol membusuk bersamaan dengan semua labu lainnya?

HAL UNTUK BERPIKIR TENTANG
Jika Anda menginginkan eksperimen yang lebih kompleks, tambahkan suhu sebagai faktor. Ini akan membutuhkan labu tambahan. Biarkan salah satu dari masing-masing jenis labu pada suhu kamar. Dinginkan satu dari setiap jenis labu atau (karena itu akan memakan banyak ruang) tinggalkan satu dari setiap jenis labu di lingkungan yang panas.

Jual Lampion

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *