Lensa Yang digunakan Pada Mata Kacamata Minus

Kacamata minus terdiri dari dua bagian atau rangkaian yang tentunya berbeda, yakni bagian bingkai atau rangka kacamata minus serta juga adanya lensa kacamata. Keduanya memang merupakan suatu bagian yang penting, namun yang menentukan fungsi dari kacamata minus tersebut ialah lensa apa yang telah digunakan. Jenis lensa kacamata minus yang akan digunakan pada kacamata yang minus biasanya akan ditentukan sesuai dengan keluhan yang telah dimilikinya.

Yang pertama yakni Lensa single vision atau lensa tunggal ini ialah lensa frame kacamata minus yang telah memiliki suatu titik fokus dengan satu ukuran saja. Dikatakan sebagai suatu lensa tunggal tak lain karena daya fungsinya yang memang hanya digunakan untuk satu ukuran saja.

Berbeda dengan lensa yang lain, lensa bifokal ini tentu memiliki dua titik fokus yang berguna serta berfungsi dalam membantu penglihatan dengan jarak yang jauh serta jarak dekat dalam satu lensa. Titik fokus tersebut akan terlihat pada bagian atasnya serta juga akan terlihat bagian bawah lensa tersebut. Kemudian ada lensa lensa progresif yang tidak berbeda jauh dengan lensa bifokal yakni telah memiliki dua titik fokus, yang pertama berupa titik fokus dalam jarak dekat dan juga titik fokus dalam jarak jauh. Sedangkan perbedaannya hanya terletak pada pembatas pada kedua titik fokus tersebut. Itulah lensa yang digunakan pula dalam kacamata minus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *