Kiat Tepat yang Bisa Anda Lakukan untuk Mencegah Cacingan Pada Anak

cegah penyakit cacingan pada anak

Memiliki buah hati yang masih kecil, misal usia balita, tentu memberikan pengalaman baru kepada orangtuanya setiap harinya. Nah, berhubung anak-anak sering bermain dan bereksplorasi dengan berbagai benda maupun kegiatan di sekitarnya. Ibu dan Ayah baiknya waspada dengan resiko cacingan pada anak sebab memang sering dialami oleh anak-anak di usia balita. Mewaspadainya bisa melakukan kegiatan antisipasi atau pencegahan sehingga anak bebas resiko cacingan dan bisa tumbuh dengan sehat dan maksimal. Sebab anak yang mengalami cacingan biasanya terlihat gendut namun badannya lemah.

Kiat Mencegah Anak Mengalami Cacingan

Sebagai orangtua pintar tentunya perlu memanfaatkan berbagai media informasi untuk kebutuhan parenting. Banyak media mengulas masalah cacingan, dan bisa membantu melakukan pencegahan dimana bentuk pencegahan yang bisa dilakukan antara lain:

  • Menjaga kebersihan mainan si kecil,

Penularan penyakit cacingan yang dialami oleh anak-anak kerap berasal dari mainannya yang kebetulan dalam keadaan kotor. Kotoran ini kerap mengandung telur cacing maka pastikan selalu dalam kondisi bersih. Biasakan anak bermain di tempat yang bersih, dan kalau bermain di luar usahakan tidak sambil membawa mainan khawatir masuk ke mulutnya.

  • Memastikan tempat tidur bayi dalam kondisi bersih,

Untuk mencegah penyakit cacingan yang menyerang anak maka selain menjaga kebersihan semua mainannya. Juga wajib memilih lokasi tempat tidur bayi yang bersih supaya terhindar dari debu, udara kotor, dan sejenisnya. Jauhkan kamar si kecil dari tempat pembuangan sampah sebab bisa menimbulkan penyakit cacingan pada mereka. Pastikan pula membersihkan kamar si kecil secara teratur, gunakan produk pembersih yang aman dan ampuh supaya hasilnya maksimal namun tidak berbahaya.

  • Rajin mengganti popok si kecil,

Kini banyak orangtua lebih memiliki memakai popok diapers ketimbang popok kain karena lebih praktis. Apalagi harga popok sekali pakai ini juga sangat murah, maka banyak orangtua menjadikannya pilihan. Sayangnya karena sifat diapers mampu menampung air seni dan pop bayi sampai beberapa lama membuat orangtua malas menggantinya. Maka untuk mencegah cacingan pada si kecil usahakan untuk rajin mengganti popok per berapa jam sekali. Agak boros memang namun bisa menjamin anak bebas cacingan dan keluhan lainnya.

  • Membiasakan si kecil cuci tangan,

Membiasakan si kecil untuk menjaga kebersihan juga membantu mencegah terjadinya cacingan pada mereka. Maka sejak dini ajari mereka untuk menjaga kebersihan tubuhnya, tidak perlu mencegah mereka bermain di taman dan luar rumah. Namun biasakan untuk rajin mencuci tangan dan mandi minimal 2 kali sehari, kalau tubuh kotor di luar jam mandi maka mandikan si kecil segera. Gunakan sabun Lifebuoy untuk membantu membersihkan tubuh anak, baik saat mandi maupun mencuci tangan. Lifebuoy membantu membunuh kuman dan penyebab cacingan pada anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *