Kemajuan Pertanian di Kediri Cukup Menonjol

Sektor pertanian masih mendominasi mata pencaharaian penduduk Kediri. Ini tidak lepas dari kondisi geografisnya yang terdiri dari lembah dan perbukitan yang subur sehingga sangat cocok dikembangkan menjadi areal pertanian.

Keberadaan sungai Brantas di Kediri juga mengambil peran yang sangat dominan mempengaruhi sektor pertanian. Hal ini karena pemanfaatan aliran sungai terpanjang di Jawa Timur ini cukup bagus. Sebagian besar aliran diperoleh dari sudetan dan diarahkan ke pemukiman warga.

Sektor pertanian Kediri dapat dikelompokkan menjadi areal sawah dengan pengairan teknis dan sawah perbukitan yang mengandalkan apsokan air tadah hujan. sawah dengan pengairang teknis dapat dengan mudah ditemukan di sebagian besar daerah Kediri. Sedangkan sawah pengairan tadah hujan didominasi di daerah perbukitan, baik itu lereng Gunung Wilis maupun Gunung Kelud.

Dengan karakter pengairan yang berbeda, menyebabkan keberadaan komoditi yang ditanam petani juga berbeda. Hal inilah yang menyebabkan adanya perbedaan karakter berita Kediri sektor pertanian. Dimana daerah yang mudah mendapat air akan dibanjiri komoditas seperti padi dan sayuran yang memang banyak membutuhkan asupan air. Sedangkan daerah tadah hujan lebih didominasi palawija dan sebagian kecil sayuran jenis cabai, tomat atau terong yang bisa disetting kebutuhan pasokan airnya.

Selain mendominasi di lokal sekitar Kediri, beberapa produk unggulan juga cukup menjadi andalan pasokan nasional. Sebut saja produk cabai yang belakangan ini ramai diributkan dalam berita Kediri dan kancah nasional. Komiditi cabai ini memang sangat mendominasi karena menyumpang pasokan hingga 20 persen nasional.

Lokasi komoditi cabai ini berada di sebagian besar lereng gunung Kelud di wilayah Kediri bagian timur. Di lokasi ini lahannya adalah bekas hutan milik perhutani yang disulap atau sedang peremajaan tanaman. Dengan kondisi tanah yang subur bekas letusan gunung Kelud dan pasokan air hujan yang cukup melimpah membuat tanaman cabai dapat berkembang sangat bagus di lokasi ini.

hampir sepanjang mata memandang, tanaman cabai terhampar luas dan semuanya tumbuh subur. Bila panen raya, dari daerah ini saja dapat memasok hingga 50 ton cabai segar ke berbagai daerah di Indonesia seperti Bali dan Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *