Istana Air Ujung Bali

BACA JUGA : Sewa Mobil di Bali

Istana Air Ujung Bali, yang oleh masyarakat setempat disebut Taman Soekasada Ujung, dibangun pada tahun 1919 peluncuran kompleks istana air ini dilakukan pada tahun 1912 dan diresmikan pada tahun 1921 oleh Raja Karangasem yang pada awalnya digunakan untuk tempat peristirahatan dan untuk menghibur tamu penting seperti raja atau Kepala Eksekutif orang asing yang berkunjung ke kerajaan Karangasem. Invasi Belanda pada tahun 1908 dimana status bupati di bawah penjajahan Belanda dan Raja Karangasem memberi kekuasaan untuk mengatur daerah dan kekayaan. I Gusti Bagus Jelantik yang kemudian berjudul Ida Anak Agung Anglurah Karangasem adalah raja terakhir yang memerintah Bali Timur dari tahun 1909 sampai1945. Raja Karangasem pada periode ini adalah arsitek Istana Air Ujung.

Istana Air Ujung adalah taman yang indah dengan kolam ikan besar yang mengelilingi bangunan peninggalan Kraton Karangasem tua yang digunakan oleh Raja Karangasem untuk relaksasi atau tempat pertemuan di zaman mereka. Terletak di Desa Ujung sekitar 5 Km dari kota Amlapura. Taman ini awalnya hanya bertemu satu kolam yang sangat mirip hantu dan sangat rahasia yang disebut oleh Di Dirah dan kolam ini pada masa pemerintahan I Gusti Gede Putu King (1849-1893) dengan saudaranya Gede Oka (1849-1890) bahwa sekitar kolam ini difungsikan sebagai tempat pengasingan bagi orang yang dituduh menjalankan ilmu hitam (bocor). Pada masa pemerintahan I Gusti Bagus Jelantik yang mulai memimpin Kerajaan Karangasem pada tahun 1909, area kolam ini diperluas dan dikembangkan oleh beberapa kolam dan juga bangunan mewah Bale Gili dengan gaya Eropa (gaya modern), kemudian diberikan. namanya disebut Taman Sukasada / Taman Sukasada Ujung Karangasem dan dikenal dengan sebutan Istana Air Ujung, yaitu perkiraan yang dibuat pada tahun kedua puluh.

Ujung Water Palace terletak strategis di sisi pantai, bagian selatan kota Karangasem dan menemukan banyak mata air di sekitar daerah tersebut. Jika dilihat dari aspek sejarah, hampir semua kelalaian dari Kraton Karangasem baik untuk Pulau Lombok maupun yang ada di Bali, seluruhnya terdiri dari kolam renang dan bangunan Gili yang ada di tengah kolam seperti Mayura dan Taman Narmada yang ada di bagian barat Pulau Lombok.

Di ujung paling ujung dari kompleks Istana Air Ujung ini, kita akan menemukan patung besar “warak” (badak). Di bawah warak ada patung Bull. Dari tempat yang tinggi ini kita akan melihat pemandangan laut yang indah, perbukitan dengan hutan lebat dan hijau, keindahan Gunung Agung dikombinasikan dengan sawah bertingkat hijau.
Kehebatan Istana Air Ujung telah dirusak oleh ledakan Gunung Agung pada tahun 1963 yang paling parah terjadi akibat guncangan hebat yang terjadi pada tahun 1979. Namun, upaya pemulihan telah dilakukan untuk mengembalikan kemegahan kompleks istana air ini dengan memegang sebuah proyek rekonstruksi dan revitalisasi di atasnya. Meski tidak sehebat itu, takjubnya masa lalu masih bisa dilihat disini saat ini.

Kita bisa mengatakan bahwa Istana Air Ujung ini sebagai maskot tujuan wisata di bagian timur Bali karena Taman Sukasada telah dikenali sampai negara asing sejak tahun dua puluh dan lebih terkenal lagi di tahun ketigapuluh ketika semua turis asing mulai berkunjung ke Bali. Raja Karangasem I Gusti Bagus Jelantik yang dikenal sebagai Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem adalah seorang Negarawan, Manusia Surat dan juga seorang arsitek. Dia telah menciptakan banyak bangunan bahkan dalam bentuk taman tapi dia juga melakukan beberapa bangunan yang ada di Puri Agung Karangasem (Istana Karangasem) seperti pintu gerbang yang terlihat seperti pagoda.
Istana Air Ujung Bali Lokasi:
Ujung Water Palace terletak di Desa Ujung terletak di desa Tumbu, bagian selatan Kabupaten Karangasem atau sekitar 2 jam dari Bandara Internasional Bali. Dari Kota Denpasar, kita harus menempuh jalan raya Jalan Ida Bagus Matra dan menuju ke bagian timur Bali sampai tiba di kota Karangasem. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 2 jam dan belok kanan ke bagian selatan kota Karangasem. Ujung Water Palace terletak tepat di sisi kosta dengan bangunan tua yang indah dan tempat yang tepat untuk dikunjungi saat liburan anda di Bali.

BACA JUGA : Paket Watersport di Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *