Beasiswa S1 dari Pemerintah

Di era seperti sekrang ini, kemajuan bangsa sangat berkaitan dengan kemajuan kawula mudanya. Kemajuan kawula mudapun sangat dipengaruhi dengan baik buruknya Pendidikan yang didapatkan, Pendidikan yang dimaksud dapat berupa formal maupun non formal. Untuk saat ini, Pendidikan formal sangatlah penting. Sebab itu, pemerintah saat ini mengalokasikan biaya hingga 20 persen dari APBN yang ada untuk sektor Pendidikan. Pemberian dana ini diwujudkan dalam berbagai macam bentuk, seperti pembangunan sekolah, pemberdayaan pengajar, hingga pembiayaan pelajar melalui program beasiswa, baik untuk beasiswa pelajar, maupun beasiswa D4, D3, S1, S2, ataupun beasiswa S3.

Program beasiswa yang diberikan pemerintah sangatlah banyak macamnya, mulai dari pembiayaan yang diberikan pemerintah untuk tingkat sekolah menengah atas, S1, S2, bahkan hingga S3 sekalipun. Bantuan biaya kuliah yang diberikan pemerintah banyak juga pengelolanya, termasuk diantaranya pengelola beasiswa S1.

Beasiswa S1 yang diberikan pemerintah dikelola oleh berbagai macam pihak, seperti kementrian keuangan, kementrian Pendidikan dan kebudayaan, kementrian agama, kementrian pemuda dan olahraga, hingga kementrian riset teknologi dan Pendidikan tinggi. Bantuan dana beasiswa dari pemerintah ini berjumlah amat besar, berikut merupakan contoh beasiswa yang diberikan pemerintah melalui Kemendikbud untuk kalangan Strata 1 (S1) :

  1. Beasiswa PPA

Beasiswa PPA merupakan beasiswa yang diberikan pemerintah kepada mahasiswa tingkat sarjana. Beasiswa yang dikelola oleh Kemendikbud ini memberikan dana yang tak sedikit. Sasaran beasiswa PPA ini ialah mahasiswa yang memiliki IP tinggi, berkisar diatas 2,75 sehingga kelebihan lainnya yaitu pendaftar beasiswa PPA tak diwajibkan menyertakan surat keterangan miskin. Untuk informasi lebih detail mengenai beasiswa ini, dapat dilihat di website info beasiswa ppa.

  1. Beasiswa BBM

Seperti halnya beasiswa PPA, beasiswa BBM dikelola oleh Kemendikbud untuk mahasiswa yang berada di jenjang sarjana atau S1. Perbedaan beasiswa BBM dengan Beasiswa PPA yang paling mencolok adalah dari segi sasaran penerimanya. Tak seperti beasiswa PPA yang ditujukan bagi mahasiswa yang memiliki IP diatas 2,75, beasiswa BBM diberikan sebagai bantuan bagi siswa miskin yang mengalami kekurangan pendanaan perkuliahan. Bagi pendaftar Beasiswa Bantuan Miskin (BBM) ini, diwajibkan untuk menyertakan surat keterangan miskin saat mendaftar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *