Contoh Alat Kesehatan Yang Ada Di Ruang Operasi Rumah Sakit

alat kesehatan di ruang operasi

Alat kesehatan di ruang operasi sebuah rumah sakit, merupakan alat – alat yang dibutuhkan dan diperlukan untuk tindakan operasi baik bedah umum, orotopedi dan lain sebagainya. Ada banyak sekali macam dan jenis alat medis untuk operasi. Namun ada beberapa yang cukup penting dan termasuk sebagai alat yang vital di dalam ruang tersebut. Apa sajakah itu ? Kita akan simak beberapa contohnya di dalam artikel ini.

alat kesehatan di ruang operasi

Contoh Alat Kesehatan di Ruang Operasi

Memang, sebagaimana kita tahu, ada banyak sekali alat – alat medis yang ada di rumah sakit. Khusus ruang operasi juga memiliki beberapa peralatan khusus, berikut beberapa contohnya :

1# – Meja Operasi

Inilah salah satu alat kesehatan yang cukup vital pada ruang operasi. Meja operasi didesain khusus untuk kebutuhan dokter saat menjalankan operasi. Posisi meja ini biasanya diletakan di tengah – tengah ruang operasi, tidak seperti meja yang lain, meja ini memiliki desain dan model yang khusus serta harga yang cukup mahal. Mesipun sudah banyak yang jual Meja Operasi namun tidak semua rumah sakit memiliki meja operaisi yang mumpuni untuk segala macam jenis operasi.

2# – Lampu Operasi

Sama pentingnya dengan meja operasi. Tanpa lampu Operasi dokter ditdak akan bisa melakukan operasi dengan sukses. Lampu Operasi memang berfungsi sebagai penerangan, namun lampu ini tidak sama dengan lampu kita yang ada di rumah. Posisi lampu operasi terletak di atas meja operasi. Ada dua jenis lampu operasi yang beredar dipasaran. Lampu Halogen dan LED. Di toko alat – alat medis, sudah banyak yang jual lampu operasi LED yang tergolong mahal. Satu unit bisa mencapai ratusan juta rupiah.

3# – Alat Bedah

Operasi sangat identik dengan pembedahan. Oleh karena itu sudah pasti di dalam ruang operasi terdapat alat – alat medis yang berfungsi untuk memebedah. Khusus untuk pisau bedah, ada jenis elektrik dan manual. Jenis pisau bedah elektrik dinamakan ESU ( Electri Surgical Unit). Dua jenis ini memiliki spesifikasi fungsi yang berlainan. Sehingga dalam penggunaanya biasanya akan berbeda.

Ada banyak lagi alat kesehatan di ruang operasi yang tidak kita ketahui seperti, lampu uv sterilisasi, meja instrument, mesin anestesi, dan yang lainnya. Mudah – mudahan tiga jenis alat tersebut bisa mewakili pembahasan kita tentangĀ alat kesehatan di ruang operasi pada kesempatan ini. Sekian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *