5 Manfaat Luar Biasa Kulit Lemon

5 Manfaat Luar Biasa Kulit Lemon

Lemon adalah favorit di seluruh dunia, bahan pokok alami dan penting yang harus ada di dapur Anda. Juga, Lemon adalah salah satu makanan yang bisa Anda gunakan seluruh buahnya, dari daging sampai kulitnya.

Kulit lemon mengandung berbagai macam vitamin, mineral dan serat yang memberikan dorongan nutrisi. Sebenarnya, dibandingkan dengan jus lemon, kulitnya memiliki lebih banyak vitamin C dan A, beta-karoten, folat, kalsium, magnesium dan potassium.

Kulitnya bahkan menyegarkan dan berbau menenangkan, dan bisa menambah rasa dan aroma makanan dan minuman. Lemon juga memberikan manfaat untuk membersihkan kulit.

Berikut adalah 5 Manfaat Luar Biasa Kulit lemon.

1. Meningkatkan Kesehatan Kulit Anda

Kulit lemon memiliki banyak manfaat bagi kulit. Asam di dalamnya bisa membantu meningkatkan kejernihan, cahaya dan kelembutan kulit Anda.

Kulit lemon juga sangat bagus untuk pengelupasan kulit untuk mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan kulit baru. Kulit lemon juga bisa membantu Anda yang berjerawat.

Anda bisa memilih dari berbagai metode untuk mendapatkan manfaatnya.

  • Anda bisa menggosokkan kulit lemon segar ke seluruh wajah Anda. Tunggu 10 menit, lalu bilas dengan air hangat kuku. Lakukan 3 sampai 4 kali seminggu untuk mendapatkan kulit yang halus dan cerah.
  • Keringkan sisa kulit lemon di bawah sinar matahari selama beberapa hari. Masukkan kulit lemon kering ke dalam blender dan blender sampai menjadi bubuk kasar. Campur 1 cangkir campuran ini dengan ½ cangkir gula, sedikit minyak zaitun dan madu untuk membuat pasta. Gosok perlahan scrub buatan sendiri ini di kulit yang lembab selama beberapa menit, lalu biarkan selama 15 menit sebelum membilasnya agar kulit Anda lembut dan bercahaya.
  • Haluskan kulit lemon kering menjadi bubuk, lalu tambahkan sedikit air untuk membuat pasta. Aplikasikan di area yang terserang jerawat. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air suam-suam kuku. Ulangi sekali dalam sehari.
  • Pijat sisa kulit lemon di tangan, siku dan tumit untuk meremajakan dan memutihkan kulit serta mengencangkan pori-pori.

2. Buatlah Teh Kulit Dari Lemon

Daripada membuang kulitnya, Anda bisa menggunakannya untuk membuat teh buatan sendiri yang enak dan sehat.

Dibekali dengan vitamin C dan antioksidan, kulit lemon dapat membantu memperbaiki pencernaan, mengurangi berat badan, menyeimbangkan tingkat pH kulit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan memberikan manfaat pengencangan hati.

Sangat mudah untuk membuat teh.

  1. Masukkan 1 sendok makan kulit lemon yang dipotong tipis (pisahkaan bagian putihnya) di dalam cangkir.
  2. Tuangkan air mendidih di atas kulitnya.
  3. Tutup dan biarkan selama 10 menit.
  4. Saring cairannya.
  5. Tambahkan madu dan aduk rata.
  6. Minumlah teh selagi masih hangat.

3. Menjaga Rumah Bebas Semut

Berurusan dengan semut adalah tugas yang dapat membuat frustrasi dan melelahkan. Sekarang, Anda bisa membuat dapur dan area lain dari rumah Anda anti-semut dengan bantuan kulit lemon.

Aroma lemon yang manis akan mencegah semut datang. Selain itu, zat asam itu menutupi jejak aroma yang diikuti teman semut saat mereka menemukan jalan ke rumah Anda.

  1. Potong kulit lemon menjadi potongan kecil.
  2. Tempatkan potongan-potongan ini di ambang jendela, pintu masuk pintu dan celah-celah untuk mencegah hama dan semut masuk.
  3. Ganti kulit lemon setiap beberapa hari sampai Anda puas dengan usaha yang telah Anda lakukan.

4. Sebagai Pembersih Berbagai Barang

Kulit lemon juga bisa digunakan sebagai pembersih berbagai barang. Zat asam membuatnya menjadi elemen yang baik untuk mengurangi lemak dan mendisinfeksi barang.

Ini sangat efektif untuk membersihkan kaca jendela, cermin dan shower serta perabotan rumah tangga lainnya.

  1. Siapkan beberapa genggam kulit lemon yang telah dicuci, cincang kulit lemon ke dalam toples kaca bersih sampai setengah toples.
  2. Tuangkan cuka putih ke dalam toples sampai kulitnya benar-benar tertutup.
  3. Pasang tutupnya dan simpan toples di dekat jendela yang terkena sinar matahari selama 2 sampai 3 minggu, dan kocok secara berkala.
  4. Tuangkan campuran melalui saringan atau kain katun tipis.
  5. Pindahkan cairan lemonnya ke dalam botol semprot yang sudah bersih.
  6. Gunakan pembersih lemon ini untuk semua tujuan lainnya. Anda juga bisa mencairkannya dengan jumlah air yang sama dan kemudian menggunakannya.

Catatan: Jangan gunakan pembersih ini pada permukaan berpori seperti granit dan marmer.

5. Membuat Bumbu Perasa Lemon

Ketika Anda sedang mempersiapkan sayap ayam, pasta, sayuran panggang atau kentang panggang, Anda bisa meningkatkan cita rasa dengan bumbu perasan lemon buatan sendiri.

Campuran garam, kulit jeruk lemon dan lada hitam yang baru digeprek, itu semua adalah yang Anda butuhkan untuk meningkatkan keterampilan memasak Anda ke tingkat yang lebih tinggi.

  1. Panaskan oven pada pengaturan terendah.
  2. Lepaskan bagian kuning dari bagian luar untuk 4 atau 5 lemon.
  3. Giling kasar ¼ cangkir merica hitam.
  4. Dalam mangkuk kecil, campurkan merica dan kulit lemon yang telah dihaluskan.
  5. Letakkan campuran itu secara merata di atas loyang.
  6. Panggang sampai sampai adonan kering.
  7. Tambahkan ¼ cangkir garam laut ke dalam campuran.
  8. Simpan dalam wadah kedap udara dan gunakan sesuai kebutuhan.

Bumbu buatan ini akan bertahan hingga 6 bulan.

Bahkan tanpa menambahkan lada, Anda bisa menggunakan kulit lemon untuk memberi rasa manis dan gurih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *